Pengolahan dan Perdagangan

 

Pabrik pengolahan

"Memproses Kopi Kualitas Terbaik"

Pengolahan biji kopi kami berlangsung dengan proses penanaman yang modern dan menjunjung tinggi kualitas berstandar internasional. Namun, sebagai kopi Indonesia, proses pengolahan juga kami gabungkan dengan metode tradisional dengan teknologi yang canggih. Karakter kopi dengan ciri khas nusantara inilah yang kemudian menjadikan Kopi Coffindo senantiasa diminati oleh para konsumennya, baik secara nasional maupun global.

Pengolahan kopi kami tunduk para kualitas kontrol yang sangat ketat, sesuai dengan Administrasi Makanan dan Narkoba Amerika Serikat (FDA) dan standar internasional lainnya. Ini beberapa proses pengolahan biji kopi yang menjadi standar kualitas kami:

Pengeringan I

Langkah pertama yaitu dalam proses pengeringan awal. Proses ini dilakukan guna mengurangi kadar air pada biji kopi. Untuk menjaga kesegaran kopi saat proses pengeringan awal, pengerjaan ini dilakukan diatas terik matahari, supaya hasil pengeringan terjadi secara natural. Hingga kandungan air biji kopi sudah mencapai tingkat tertentu, selanjutnya biji kopi siap untuk proses pengerasan.  

Pengerasan

Dengan menggunakan mesin pengerasan modern, biji kopi dikuliti untuk menghilangkan sekam dari biji. Proses inilah yang nantinya akan menjaga kopi menjadi lebih segar. Meskipun dalam proses tersebut, kami berhasil memproduksi kopi yang segar, namun kadar airnya masih perlu untuk dioptimalkan lagi. Untuk itulah, kopi kemudian dikeringkan kembali. 

Pengeringan II

Langkah ini dilakukan setelah dilakukannya proses pengerasan. Hal ini dilakukan guna mengurangi kandungan air yang masih tersisa didalam biji kopi.Dalam proses pengeringan ini, target pengeringan biji kopi akan dioptimalkan hingga mencapai kadar air maksimal 13%, biji kopi yang bersih dan segar dilebarkan dengan hati-hati di bawah terik matahari lagi.

Mesin Sutton

Penyaringan (screening) adalah proses untuk memisahkan biji kopi sehingga didapatkan kopi yang benar - benar terbaik. Proses penyaringan inilah yang kemudian dilakukan dengan menggunakan mesin sutton yang memisahkan biji kopi buruk dari yang baik berdasarkan berat biji kopi. Biji kopi yang paling ringan itulah yang kemudian dipisahkan karena memiliki kualitas yang rendah, dibandingkan kopi dengan bobot yang lebih berat. Dengan begitu, kopi dengan kualitas terbaiklah yang nantinya kami sediakan untuk anda.

Pemutaran Diameter

Proses ini menyaring biji kopi berdasarkan diameternya. Proses ini dilakukan dengan mesin penyaring.

Penyortiran Manual

Pada poin ini, proses sebelumnya menghasilkan biji kopi terbaik yang diurutkan berdasarkan diameternya. Untuk lebih meningkatkan kualitas biji kopi, kami menggunakan tenaga kerja secara manual untuk memisahkan kopi - kopi yang cacat atau rusak.

Pengemasan

Proses terakhir namun tidak kalah penting adalah kemasan. Kami menyadari pentingnya kemasan untuk menjaga kualitas biji kopi. Kami mengemas biji kopi kami di tas rami dan menyimpannya di gudang kami. Pada titik ini biji kopi siap untuk diekspor.

Ekspor

"Ekspor ke 30 Negara di Seluruh Dunia, dan Masih Banyak Lagi"

Demi mengembangkan dan mengusung perubahan yang lebih baik bagi industri kopi secara global, Coffindo telah mengembangkan bisnis ekspor kopi dengan memperluas beragam varietas kopi kami, mulai dari kopi Arabika terbaik di Sumatera, sampai di Jawa, Bali, Flores, Sulawesi, hingga Papua. Sama halnya dengan kopi Robusta, yakni kopi Sumatera.

Sementara itu, demi memenuhi permintaan yang lebih luas, kami juga terus meningkakan layanan kami. Hasilnya adalah basis pelanggan kami terus berkembang, hingga saat ini menjangkau lebih dari 19.914 pembeli di sekitar 30 negara di seluruh dunia. Negara - negara tersebut meliputi beberapa kawasan besar seperti  Amerika Serikat, Eropa, Asia, Timur Tengah dan Australia.

Meski begitu, kami terus mencari peluang yang lebih baik guna meningkatkan bisnis kami di bidang ekspor. Kami tetap memperhatikan situasi terkini dengan memperhatikan standar kualitas kopi internasional. Kegiatan ekspor kami dilaksanakan dengan dukungan yang tepat dalam perencanaan dan penjualan. Kami terus berinovasi dan menerapkan layanan kami dengan tujuan menjadi one stop solution untuk kopi Indonesia dan menjadi sumber kopi terbaik di Indonesia.


Perdagangan

"Melanjutkan Perdagangan sebagai Akar Kami"

Kami menerapkan standar perdagangan yang sangat etis sepanjang aktivitas perdagangan kami, dengan prinsip keadilan, transparansi, akuntabilitas, dan kredibilitas.

Dari sebelah barat Indonesia, kita mencari varietas Kopi Aceh Gayo, Sumatera, Mandailing, Lintong, Sidikalang, Lampung, dan Jawa.

Di bagian tengah Indonesia, kami mencari kopi Bali; Sedangkan di bagian timur, sumber kopi kita berasal dari Sulawesi Toraja, Sulawesi Kalosi, dan kopi Flores.

Kami terus melanjutkan aktivitas perdagangan sebagai akar bisnis perusahaan kami. Berdasarkan prinsip perdagangan kami, kami akan terus berusaha untuk memilih dan mengumpulkan biji kopi yang ditanam di perkebunan secara berkelanjutan di seluruh Indonesia.