Sudah tahu manfaat kopi hitam dan ampas kopi ?

Blog Single

Kopi hitam menjadi sebuah sajian yang paling banyak dijumpai dalam kedai-kedai kopi tradisional. Tak hanya di kedai-kedai, di rumah-rumah pun kerap kali kopi hitam menjadi sajian untuk mengawali hari.

Di balik rupanya yang eksotis dan rasanya yang pahit, kopi hitam memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Baik dalam bentuk minuman maupun dalam bentuk ampas. Berikut beberapa manfaat kopi hitam.

Manfaat kopi hitam

1. Menjaga Kesehatan Hati

Setiap orang pasti ingin memiliki hati yang sehat dan bersih. Namun banyak dari mereka yang masih belum paham, bahwasannya pola makan yang salah dapat merusak sistem kerja hati mereka.

Jika anda menginginkan hati yang bersih, tidak ada salahnya bagi anda untuk mengkonsumsi kopi hitam setiap harinya secara rutin. Berdasarkan penelitian, di dalam kopi hitam terdapat zat-zat yang berfungsi melarutkan kristal-kristal kotor yang terdapat di dalam hati, oleh karena itu mengkomsi kopi hitam secara rutin setiap harinya mampu membantu kesehatan dan kebersihan hati anda.

2. Sebagai Zat Antioksidan

Zat antioksidan yang terdapat didalam secangkir kopi hitam memberikan begitu banyak manfaat perlindungan bagi kesehatan tubuh kita. Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2006 didalam American Journal of Clinical Nutrition melaporkan bahwa dengan meminum kopi kita dapat mengurangi tingkat peradangan didalam tubuh, yang berarti juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Sebuah artikel yang diterbitkan pada tahun 2004 dalam Journal of Nutrition menyatakan bahwa zat antioksidan tersebut yang ada dalam kopi dapat menolong kita untuk mengurangi resiko terkena penyakit degenerative tertentu. Artikel tersebut juga melaporkan bahwa tingkat zat antioksidan yang terdapat didalam kopi lebih tinggi dibandingkan tingkat zat antioksidan yang terdapat didalam minuman lainnya seperti wine, teh, maupun jus buah atau sayuran. Dikatakan juga bahwa kopi hitam dapat melindungi Coffindo Lovers  dari resiko terserang penyakit Parkinson’s dan diabetes mellitus tipe 2 berdasarkan pada Mayoclinic.com.

3. mengurangi resiko penuaan syaraf

wanita dan pria yang sering minum kopi pahit tanpa gula juga bisa memiliki syaraf motorik dan sensorik yang sangat bagus. Penurunan fungsi syaraf biasanya terjadi pada orang tua dan bisa menurunkan kemampuan aktifitas orang tua. Namun konsumsi kopi hitam secara teratur telah terbukti mengurangi semua jenis resiko penuaan yang berhubungan dengan syaraf.

Bahkan hal ini telah dibuktikan oleh seorang ahli nutrisi dan diet yang bernama Joan Salge Blake dan penelitian tersebut pernah ditulis dalam American Journal of Epidemiology (edisi tahun 2002).

Manfaat ampas kopi

Setelah mendapat kesegaran setelah menikmati secangkir kopi hitam, ada baiknya coffindo lovers tidak membuang ampas kopi tersebut. Karena ampas kopi bukanlah sekedar barang sisa, namun memiliki beberapa manfaat. Berikut beberapa manfaat ampas kopi hitam.

1. Menghaluskan dan Mengencangkan Kulit Wajah

Banyak orang melakukan berbagai perawatan untuk mendapatkan kulit wajah yang mulus dan kencang. Seperti mentotok wajah, menyuntik botox, hingga melakukan perawatan yang ekstrim seperti terapi lintah atau pun vampire facial. Pastinya semua perawatan tersebut membutuhkan biaya yan tergolong tinggi.

Namun coffindo lovers bisa mendapat kulit wajah yang halus dan kencang hanya dengan sebuah ampas kopi. Caranya ambil beberapa butir kopi hitam, haluskan sampai benar-benar halus. Kemudian tambahkan sedikit air dan gunakan ampas kopi tersebut sebagai masker wajah. secara penggunaan rutin kulit wajah akan nampak lebih halus dan kencang.

2. Menghilangkan Bekas Jerawat Dan Noda Hitam Pada Wajah

Bekas jerawat dan noda hitam membuat coffindo lovers menjadi tidak percaya diri? Mungkin coffindo lovers sudah melakukan banyak hal seperti menggunakan cream kecantikan, namun tak kunjung hilang. Coffindo lovers bisa menggunakan ampas kopi untuk menghilangkan noda hitam. Caranya ambil ampas kopi, kemudian campurkan secara sedikit baby oil atau olive oil. Campur merata, kemudian oleskan ke seluruh wajah sebagai masker. Biarkan sampai mengering, kemudian bilas sampai bersih.

Sebenarnya masih banyak sekali manfaat ampas kopi untuk wajah dan juga kulit tubuh. Seperti menghilangkan selulit, melangsingkan badan, mengencangkan kulit dan masih banyak lainnya. Ampas kopi ini memang masih sangat banyak digunakan diberbagai produk. Masker dan lulur wajah ampas kopi sekarang sudah banyak yang menggunakan bahan dasar ampas kopi. Selain alami, menggunakan ampas kopi ini juga tidak mempunyai efek samping yang berbahaya bagi tubuh.

Itulah beberapa manfaat kopi dan ampas kopi.


Share this Post:

Related Posts:

Gratis Voucher
BrewersCoffee Shop Start Up