Sensasi Rasa Anggur Didalam Wine Coffee, Halalkah?

Blog Single

Ketika mendengar namanya, sekilas kita akan teringat pada jenis minuman beralkohol yang terbuat dari anggur, yakni wine. Tak jauh berbeda dengan asal namanya, Wine Coffee memang memuat sensasi rasa wine didalamnya. Tentu saja, secara otomatis dalam hati akan bertanya, apakah Wine Coffee ini halal?

Sebelum buru - buru “melabelkan” minuman ini lantaran namanya tersebut, terlebih dahulu marilah kita kenali dulu minuman belakangan ini jadi hits di kalangan pecinta kopi. Sesuai namanya, wine coffee memang tergolong unik, karena beraroma anggur.

Aroma anggur pada minuman ini didapatkan karena memang biji kopinya diolah melalui proses fermentasi. Pengolahan biji kopinya tergolong unik, karena dijemur bersamaan dengan buahnya sekaligus, tanpa adanya proses pengupasan daging buahnya.

Buah kopi itulah yang kemudian dijemur diatas terik matahari sekitar 60 hari, lebih lama dibandingkan menjemur biji kopi lain yang hanya memakan waktu sekitar 15 - 30 hari saja. Penjemuran lebih lama karena saat proses itulah, ekstrak buah kopi itulah yang nantinya meresap kedalam biji kopi.

Hasil fermentasi daging buah kopi itulah yang kemudian mempengaruhi rasa biji kopi sehingga terciptalah aroma rasa kopi yang menyerupai wine atau anggur. Padahal dalam proses pembuatannya, tidak ada menggunakan bahan anggur sedikitpun.

Apakah Coffee Wine Halal?

Kendatipun namanya mengarah ke minuman beralkohol, wine coffee ternyata halal untuk dikonsumsi, karena memang dalam proses pembuatannya, tidak ada kandungan alkohol sedikitpun. Rasa anggur didapatkan melalui proses fermentasi yang dilakukan secara alami, yakni melalui penjemuran langsung dibawah terik matahari.

Untuk membuat wine coffee inipun juga tidak semudah yang dibayangkan, karena membutuhkan ketelitian serta pengalaman yang cukup untuk mengolahnya agar tercipta rasa wine coffee yang sempurna.

Bahan dasarnya juga harus berasal dari buah kopi yang berkualitas tinggi. Pada umumnya di Indonesia, buah kopi yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan wine coffee adalah Kopi Arabika Gayo dan Kopi Robusta Lampung.

Kedua jenis kopi ini menjadi favorit untuk bahan baku wine coffee karena memang kualitasnya yang sangat baik, dengan kandungan rasa buah kopi yang lebih enak dan manis. Rasa buah kopi inilah yang sangat dibutuhkan untuk membentuk rasa wine coffee yang sempurna.

Selain enak, wine coffee juga sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Apalagi saat bekerja atau beristirahat, wine coffee bisa membuat fikiran lebih relaks. Nah, bagi anda penggemar kopi, jangan sampai gak mencoba kopi yang satu ini.

Meskipun harganya tergolong mahal, tapi sepadan lah dengan rasanya yang memang unik dan enak. Agar rasanya maksimal, anda bisa mencari berbagai alat dan mesin kopi berkualitas di Coffindo.id.


Share this Post:

Related Posts:

Gratis Voucher
BrewersCoffee Shop Start Up