Proses dan Tipe Roasting Kopi

Blog Single

Biji kopi sebelum siap dikonsumsi tidaklah dalam kondisi mentah, melainkan harus melalui proses roasting kopi yaitu proses biji kopi mentah yang berwarna hijau muda dipanggang hingga berubah warna menjadi cokelat.

Proses roasting ini gunanya membuat biji kopi berkurang kadar airnya dan beratnya hingga 20 persen juga mengubah unsur gula menjadi karbon dioksida (Co2) agar menjadi aroma pada kopi.

Ketika biji kopi dipanggang maka biji kopi akan mengalami proses letupan dan biasanya ada dua letupan. Letupan pertama (first crack) dan letupan kedua (second crack). Proses pemanggangan biji kopi akan membuat biji kopi berubah warna dari hijau muda, lalu hijau, kemudian menguning, kuning kecokelatan, lalu cokelat muda, cokelat tua, hingga menjadi hitam. Selain warna yang berubah, aromanyapun ikut berubah dari menit ke menit selama proses pemanggangan.

Tipe roasting paling umum ada tiga tipe, yaitu light roast saat biji kopi berwarna cokelat tua, medium roast ketika biji kopi berwarna cokelat tua cenderung gelap, sedangkan dark roast adalah ketika biji kopi berwarna gelap dan permukaan biji mengkilap diselimuti oleh minyak. Sementara untuk tipe roasting lebih spesifik lagi ada vienna roast, french, cinnamon roast dan lainnya. Istilah-istilah spesifik ini hanya digunakan oleh para roaster profesional. Bagi Coffindo Lovers pecinta kopi maka pengetahuan dasar mengenai istilah umum saja sudah memadai.

Ketiga proses pemanggangan ini memiliki cita rasa masing-masing yang tak saling mengalahkan melainkan sama-sama memiliki kenikmatan luar biasa, asalkan diseduh dengan alat penyeduh yang tepat.Untuk memanggang biji kopi Arabika maka bila tipe pemanggangan light roast akan membuat rasa asamnya menonjol. Bila medium roast, rasa asam akan terasa seimbang sedangkan bila dipanggang dengan tipe dark roast akan membuat arabika terasa sedikit pahit.

Tipe Roasting Kopi

Secara umum tipe roasting ada tiga, namun bila diurutkan secara spesifik tipe roasting ada banyak seperti di bawah ini yang juga digunakan di luar negeri.

Italian dan Spanish Roast. Tipe roasting satu ini adalah kombinasi italian dan spanish yang keduanya membuat biji kopi dengan karakteristik permukaan biji yang gosong, sangat berminyak dan berwarna hitam. Bila diseduh tipe keasaman sudah hilang dan menimbulkan rasa arang pada kopi.

Cinnamon Roast. Adalah tipe roasting kopi yang masuk ke dalam light roast. Mudah melihatnya melalui biji kopi usai dipanggang yaitu berwarna cokelat muda seperti kayu manis dan permukaaannya tidak berminyak. Bila diseduh rasa kopi memiliki rasa asam yang tinggi sebab proses pemanggangan berhenti ketika di letupan pertama.

New England Roast. Walau masuk ke dalam tipe pemanggangan light roast dan berhenti pada letupn pertama namun warna yang ditampilkan pada biji terlihat cokelat tua.

American Roast. Masuk ke dalam tipe pemanggangan medium roast sebab di Amerika tipe pemanggangan ini paling disukai di Amerika. Tampilan warna pada biji sedikit lebih gelap dibanding New England roast karena pemanggangan berhenti hingga letupan pertama terjadi beberapa waktu.

City Roast. Tipe roasting kopi ini masuk ke dalam medium roast. Tampilan pada bijinya juga berwarna cokelat gelap dan body lebih tebal bila dibandingkan dengan rasa, tipe keasaman dan aroma.

Full City Roast. Untuk tipe pemanggangan yang ini masuk ke dalam medium-dark roast. Warna pada biji cokelat gelap cenderung hitam dan permukaannya juga dipenuhi oleh minyak. Ketika proses pemanggangan hanya sampai pada proses awal letupan kedua.

Vienna Roast. Untuk tipe pemanggangan vienna roast sebenarnya masuk ke dalam medium-dark roast, tapi banyak yang memasukkan vienna roast ke dalam kategori dark roast sebab warnanya sudah gelap bahkan lebih gelap dibanding Full City roast. Proses pemanggangan berhenti di pertengahan letupan kedua.

French Roast. Tipe pemanggangan ini masuk ke dalam dark roast. Warna yang ditampilkan biji kopi adalah kehitaman, bahkan aromanya terasa sedikit hangus. Kalau diseduh maka akan memberikan rasa pahit yang dalam tapi kadar kafein yang dimiliki tidak tinggi.

Bila Coffindo Lovers menyukai rasa kopi yang tingkat accidity yang tinggi atau rasa asam maka pilihlah tipe pemanggangan light atau medium. Namun penyuka pahit dapat memilih dark roast.


Share this Post:

Related Posts:

Gratis Voucher
BrewersCoffee Shop Start Up