Mau bisnis kopi sendiri ? Begini nih tips memulai bisnis kopi sendiri

Blog Single

Kopi telah menjadi salah satu kebutuhan pokok dalam pasar di negara  maju maupun negara berkembang. Meskipun penggunaan kopi terbatas hanya untuk konsumsi, namun permintaan yang tinggi terhadap sumber daya alam yang satu ini menjadikannya salah satu komoditi yang memiliki pasar paling aktif dan berkesinambungan. 

Tidak heran bisnis kopi menjadi lirikan banyak pengusaha dimasa sekarang ini. mungkin Coffindo Lovers juga dapat melihat sendiri ada banyak restoran baru maupun  kedai kopi kecil yang bermunculan dilingkungan Coffindo Lovers, menandakan bisnis kopi terus menggeliat dimana-mana.

Nah, jika Coffindo Lovers juga berminat untuk mencoba berbisnis kopi, memulai dari bisnis pengolahan biji kopi dapat menjadi langkah awal pencetak dolar Coffindo Lovers. 

Memulai dengan memanggang kopi 

Kopi merupakan salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi diseluruh dunia. Ternyata semua orang bisa melakukan sendiri proses memanggang kopi jika mereka tahu caranya. Yang lebih mengejutkan lagi adalah, memanggang biji kopi Coffindo Lovers sendiri, ternyata tidak selalu memerlukan alat-alat berat yang memakan biaya besar ataupun tenaga ahli. Untuk dapat memulai kegiatan ini, semua yang Coffindo Lovers butuhkan hanya ada tiga hal :

  • Cara yang tepat untuk memanggang biji kopi
  • Biji kopi yang masih hijau
  • Paham betul akan proses pemanggangan kopi


Memulai bisnis kopi dari proses pengolahannya akan menjadi awal yang bagus bagi Coffindo Lovers karena permintaan pasar akan kebutuhan kopi sangrai siap pakai bisa dibilang cukup besar.

Memulai Bisnis dari apa yang Coffindo Lovers punya

Menurut SweetMarias.com, memanggang atau menyangrai biji kopi bisa dilakukan  dengan menggunakan sebuah oven konfensional, mesin pembuat popcorn berbasis udara, pembuat popcorn yang menggunakan kompor, atau menyangrainya di wajan  biasa di atas kompor. Jika Coffindo Lovers mau berinvestasi sedikit lebih banyak, Coffindo Lovers dapat menggunakan pada peralatan yang memang khusus dibuat untuk memproses pemanggangan biji kopi seperti drum pemanggang, pemanggang berbasis udara, atau pemanggang kompor yang tentu saja akan meringankan pekerjaan Coffindo Lovers hasilnya akan lebih maksimal.

Memang ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memanggang biji kopi. Saran saya adalah Coffindo Lovers bisa memulai dengan metode yang tidak terlalu menghabiskan biaya untuk awalnya, dan memahami sepenuhnya bagaimana melakukan pengerjaan keseluruhan proses pemanggangan kopi sebelum nekat membeli peralatan yang mahal.

Menurut situs SweetMarias.com,  mesin popcorn berbasis udara dapat menjadi pilihan jika Coffindo Lovers ingin melakukan metode Do It Yourself atau pengerjaan manual sendiri dan belum mampu berinvestasi pada peralatan pemanggang biji kopi khusus. 

Membeli biji kopi hijau

Tentu saja, ada hal lainnya yang Coffindo Lovers butuhkan untuk melakukan proses memanggang atau menyangrai yaitu biji kopi hijau Coffindo Lovers sendiri, atau biji kopi mentah yang segar dan belum dipanggang. Seperti halnya ada berbagai varian kopi sangrai siap pakai yang biasa Coffindo Lovers temui di toko, begitu juga dengan biji kopi mentah. Ada banyak jenis yang berasal dari berbagai belahan dunia yang bisa Coffindo Lovers pilih. Sebagai contoh, Coffindo Lovers dapat membeli kopi dari Brazil, Bolivia, Ethiopia, Rwanda, Tanzania, Uganda, Yemen, India, Sumatra, Costa Rica dan negara lainnya yang membudidayakan kopi. Apapun jenis kopi sangrai instan yang biasa Coffindo Lovers gemari, Coffindo Lovers juga dapat membelinya dalam bentuk mentah.

Coffindo Lovers bahkan bisa melakukan beberapa experimen Coffindo Lovers sendiri dengan mencampur jenis biji kopi yang berbeda untuk mendapatkan rasa yang unik. Oleh sebab itu, dapat dikatakan juga bahwa memanggang kopi sama seperti proses pengolahan wine atau bir. Ada banyak faktor yang bisa Coffindo Lovers coba untuk mendapatkan rasa yang sangat unik yang dapat membuat produk Coffindo Lovers semakin menarik bagi calon customer.

Jadi, apakah Coffindo Lovers sudah siap untuk mulai mengelola bisnis kopi Coffindo Lovers sendiri? Mulailah dari apa yang bisa Coffindo Lovers lakukan hari ini, dengan modal sederhana dan kemauan tinggi. Coffindo Lovers dapat menjadikan Coffindo.com sebagai partner bisnis untuk kebutuhan produksi Coffindo Lovers yang menyediakan berbagai alat kebutuhan Coffindo Lovers dan biji kopi segar yang langsung dipetik dari ladang petani di sumatra, baik untuk bisnis skala kecil maupun menengah dengan harga yang bersaing.


Share this Post:

Related Posts:

Gratis Voucher
BrewersCoffee Shop Start Up