Manfaat kopi bagi wanita

Blog Single

Walau kopi telah memiliki banyak penggemar di seluruh dunia, dan peminumnya tak hanya didominasi oleh pria saja, wanita bahkan banyak yang juga meminum kopi dan menjadi pecintanya. Masih banyak orang yang menganggap kopi sebagai minuman berbahaya layaknya minuman beralkohol dan dapat menganggu kesehatan.

Kopi tidak akan memberikan efek negatif bila dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Memang kafein dapat membahayakan kesehatan, namun dalam jumlah tertentu ia menjadi manfaat baik bagi tubuh. Kopi juga tidak dianjurkan bagi mereka yang memiliki masalah pada lambung, bila tetap ingin mengkonsumsinya maka minumlah setelah makan atau tidak dalam keadaan perut kosong. Untuk menghindari resiko diabetes maka konsumsi kopi dengan gula rendah dan sebisa mungkin lebih encer. Porsi yang ideal adalah meminum kopi sebanyak 1-2 cangkir per hari.

Dan hei para wanita, ternyata manfaat kopi bagi wanita juga tidak sedikit lho. Seperti di bawah ini.

1.  Membantu mengatasi depresi
Wanita adalah makhluk yang paling rentan terserang depresi, bahkan dalam melakukan aktivitas sehari-hari wanita bisa mengalami depresi. Nah, ternyata kopi bisa menjadi penangkalnya. Kopi yang mengandung kafein dapat memberikan ketenangan bagi pikiran yang sedang tertekan dan depresi. Kopi mampu meminimalisir hingga 10 persen depresi. Namun bukan berarti minuman soda dan minuman energi yang juga mengandung kafein dapat menurunkan depresi ya!
Hal ini disebabkan kandungan gula yang sangat tinggi pada kedua jenis minuman tersebut yang malah mengakibatkan depresi semakin meningkat. Jadi, untuk mendapatkan manfaat kopi sebaiknya kurangi jumlah gula yang ingin ditambahkan ke dalamnya. Tapi, lebih dianjurkan bila mengkonsumsinya tanpa gula.

2.  Menangkal stres
Wanita itu lebih menggunakan perasaan dibandingkan logika ketika memikirkan sesuatu hal, itulah mengapa mereka gampang sekali depresi juga stres. Meminum kopi maksimal 2 cangkir per hari mampu mencegah resiko bunuh diri pada wanita lho! Hal ini disebabkan oleh aroma kopi yang menguar ke udara dihirup dan memberikan ketenangan pikiran pada peminumnya, akibatnya memicu aktivitas gen dalam melindungi sel-sel saraf. Tetapi tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi kopi lebih dari 4 cangkir.

3.  Menjaga kesehatan hati
Tak hanya wanita, pria juga dapat terhindar dari sakit hati atau liver ini. Konsumsi kopi secara teratur juga dalam jumlah yang dianjurkan yaitu 2 cangkir per hari dapat mengurangi resiko primary sclerosing cholangitis (PSC), yaitu penyakit auto imun yang menyebabkan tubuh menjadi sirois hati, gagal hati, hingga kanker hati.

4.  Membantu menurunkan berat badan
Sudah banyak artikel dan ahli yang menyatakan bahwa kopi dapat membantu suksesnya program menurunkan berat badan. Hal ini memang benar, sebab kafein yang dikandung di dalam kopi dapat membantu menekan nafsu makan juga meningkatkan metabolisme tubuh.
Cairan berlebih di dalam tubuh juga akan keluar karena kopi bersifat deuretik, juga kafein mengakibatkan tubuh memproses panas dan energi sehingga kalori di dalam tubuh akan terbakar.

5.  Menurunkan risiko diabetes tipe II
Untuk yang satu ini, dapat berlaku pada wanita juga pria. Diabetes tipe 2 bisa dikurangi resikonya hingga 25 persen bila mengkonsumsi kopi hitam tanpa campuran gula dan krim.

6.  Menurunkan risiko Alzheimer dan Parkinson
Alzheimer adalah penyakit yang paling ditakuti oleh masyarakat belakangan ini, bagaimana tidak. Karena mengidap penyakit ini seseorang dapat lupa pada masa lima tahun yang lalu. Parkinson juga tak kalah menakutkannya dianding dengan Alzheimer. Namun kedua penyakit ini dapat diturunkan resikonya hanya dengan meminum dua cangkir kopi per hari.
Kopi mampu membuat konsentrasi seseorang meningkat sehingga memperlambat timbulnya penyakit neurodegenerative. Untuk wanita, mengkonsumsi kopi dapat menurunkan resiko Alzheimer dan demensia sebanyak 60 persen.

7.  Kopi dapat menangkal kanker kulit
Lagi-lagi kopi hitam tanpa campuran gula ataupun krim adalah yang terbaik. Di dalam kopi itu terdapat antioksidan yang tinggi, itulah mengapa tubuh mampu menangkal radikal bebas dan juga dapat menangkal kanker kulit. Wanita yang rutin mengkonsumsi kopi dua cangkir per hari memiliki resiko lebih kecil terkena kanker kulit.

Begitu banyak manfaat kopi bagi wanita, jadi jangan takut lagi untuk mengkonsumsi kopi tetapi dalam jumlah yang terbatas ya Coffindo Lovers.

Sumber foto: solusi-rumahtangga.com


Share this Post:

Related Posts:

Gratis Voucher
BrewersCoffee Shop Start Up