Komoditas Kopi Terbaik Yang Belum Kita Ketahui

Blog Single

Siapasih yang ga suka kopi? Orang dewasa umumnya suka kopi, sehingga kini seluruhnegara membutuhkan kopi untuk memenuhi hajat hidup rakyatnya. Jenis kopi yangdijual dipasar dunia biasanya adalah kopi Arabika dan Robusta. Jenis kopi Arabikaterlabel lebih mahal karena memiliki rasa yang lebih mild dan mengandung kafein70% lebih rendah dibandingkan dengan jenis kopi Robusta.

Tanamankopi hidup di wilayah subtropis dan tropis, karenanya wilayah Amerika Selatan, Afrikadan Asia Tenggara menjadi negara-negara penghasil kopi dunia. Negara pemegangpredikat sebagai produsen kopi terbesar di dunia pertama adalah Brazil, keduaadalah Vietnam, ketiga adalah Kolombia, keempat adalah Indonesia dan kelimaadalah Etiopia (data musim tanam 2016-2017).

Indonesiayang menjadi salah satu produsen kopi terbesar di dunia memiliki banyak ragamkopi yang unik seperti kopi luwak yang terkenal paling mahal di dunia, ada jugakopi Mandailing, kopi Flores, kopi Lampung, kopi Aceh, kopi Toraja dan masihbanyak lagi. Kopi juga sangat penting bagi Indonesia karena ia merupakan penghasildevisa ke empat setelah minyak sawit, karet dan kakao.

Perkebunankopi di Indonesia mencapai 1.24 juta hektar, 933 hektar untuk kopi Robusta dan307 hektar untuk kopi Arabika. Para petani kopi ini tersebar di mana-manarata-rata mereka hanya memiliki lahan antar 1-2 hektar saja. Karena inilahpenghasilan kopi kita cukup fluktuatif dari segi volume juga kualitasnya. Terlebihlagi menurut Badan Pusat Statistik, perkebunan kopi cenderung menurun karena parapetani kopi mengubah fokus produksi mereka menjadi minyak sawit, karet dankakao yang harganya lebih tinggi di pasar komoditi Internasional.

Menurutdata Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI), pemerintah berencana untukmemperluas perkebunan-perkebunan kopi dan peremajaan lahan-lahan melaluiprogram intensifikasi, karena targetnya 10 tahun kedepan Indonesia dapat menghasilkan900.000 - 1.200.000 ton kopi pertahunnya. Hal ini dipacu oleh permintaan globaljuga domestik. Meningkatkan kualitas kopi itu sendiri juga menjadi target yangtidak kalah pentingnya, dan pemerintah optimistis akan pencapaian target inikarena mengingat teknologi penunjang yang semakin maju. Kita doakan saja ya.



Share this Post:

Related Posts:

Gratis Voucher
BrewersCoffee Shop Start Up