Ini Lho Macam-Macam Kopi Paling Umum Dikenal Masyarakat

Blog Single

Mungkin hampir semua orang menyukai minuman merakyat ini,baik dinikmati secara khusus maupun menjadi minuman pendamping menikmati kueataupun makanan lainnya. Kopi yang memiliki kata asal dari bahasa Arab yaitu qahwa, singkatan dari sebutan qahhwat al-bun artinya "wine of the bean".

Kopi awalnya tidaklah langsung bernama kopi, kopi pertamakali dimanfaatkan oleh suku di Afrika Timur sebagai makanan penambah energi danbukannya sebagai minuman. Bangsa Arablah yang merubah kopi menjadi minuman danmemberikan nama qahwa tadi pada kopi. Lalu bangsa Arab menyebarluaskan kopi sebagai komoditas perdagangan seiring dengan penyebaran ajaran Islam.

Kopi terbaik sendiri terdapat di Bean Belt atau sabuk kopi, wilayah sekitar garis khatulistiwa danIndonesia termasuk di dalamnya, maka jangan heran bila Indonesia memilikikualitas kopi terbaik di dunia.

Walau kopi memiliki lebih dari 50 jenis namun masyarakat lokal maupun dunia hanya mengenali dua jenis terbaik yaitu Arabica dan Robusta dengan berbagai macam jenis penyajian. Apa sajakah itu?

1. Espresso

Bila anda termasuk penikmat kopi, jenis ini sudah nyaman terdengar di telinga anda bukan?

Espresso diketahui sebagai kopi bittersweet dengan konsentrat tinggi dan disajikan dengan cara menyemprotkan air panas berkekuatan tinggi melewati bubuk kopi. Espresso sendiri berasal dari bahasa Italia yang artinya Å“cepat dan biasanya disajikan pada tamu menggunakan cangkir kecil yang disebut shot. Kopi hitamnya yang kental, pahit dan kelat memiliki aroma yangnikmat, inilah jenis penyajian kopi yang masih murni.

2. Affogato

Jenis penyajian kopi yang satu ini memang sedikit asing danjarang terdengar kecuali berada di kedai yang khusus menyajikan minuman kopiotentik. Affogato berasal dari bahasa Italia yang artinya Å“tenggelam, cara penyajiannya juga cukup unik yaitu satu sendok vanila ice cream diletakkan didasar gelas lalu disiram dengan espresso panas ke atasnya, vanila ice creamakan berada di dasar gelas hingga mencair dan menyatu dengan espressso tadi, itulah yang dimaksud sebagai tenggelam. Nantinya akan tercipta rasa manis yang berasal dari vanila ice cream tadi.

3. Americano

Americano sendiri merupakan pengembangan dari cara menyajikan espresso. Awalnya penikmat kopi tak hanya masyarakat Italia saja namun tentara-tentara pada Perang Dunia I juga menyukai kopi namun mereka merasa satu shot espresso terlalu pahit di lidah maka mereka menambahkan satu shot espresso dengan secangkir air panas lagi dan diberi nama sebagai Americano.

4. Cappuccino

Selain Espresso yang familiar di telinga maka kopi jenis inilebih terbiasa diucapkan dan didengar oleh siapa saja. Cappucino sendiri merupakan pengembangan cara penyajian dari Espresso, yaitu dengan menyemburkan uap panas ke dalam satu shot esspresso dan susu sehingga tercipta busa halus yang berasal dari susu dan memiliki rasa manis yang nikmat. Secara teknis takaran untuk membuat Cappucino adalah sepertiga espresso, sepertiga frothed milk/busa susu dan sepertiga steamed milk.

5. Caff latte

Bila melihat Caff latte orang akan salah sangka mengira itu adalah Cappucino, ya sepintas keduanya memang mirip namun memiliki rasa yang berbeda. Bagaimana tidak, campurannya juga sama seperti Cappucino tetapi dengan takaran yang berbeda. Caff latte memiliki takaran sepertiga espresso, sedikit milk froth atau busa susu dan dua pertiga steamed milk. Maka tak heran bila tampilan fisiknya sama dengan Cappucino, Caff latte lebih terkenal di AmerikaSerikat.

6. Caff mocha

Bila bicara Caff latte maka ada Caff mocha. Sama seperti Caff latte, Caff Mocha lebih populer di Amerika Serikat karena merupakan pengembangan cara penyajian dari Caff latte. Caff Mocha terinspirasi dari minuman asal Turin, Berin namun memiliki campuran yang sama dengan Caff latte yaitu sepertiga bagian espresso dan dua pertiga steamed milk, tapi ada tambahan lain yaitu sedikit bubuk kokoa atau sirup cokelat. Caff Mocha biasanya disajikan dengan memberikan whipped cream di permukaannya.

7. Frappuccino

Frappuccino akan sering terdengar bila anda adalah penikmat kopi dari brand terkenal, Starbucks. Frappucino sendiri tidak murni dari kopi,namun minuman kopi blend dengan hak merek dagang dimiliki oleh Starbucks. Cara membuat Frappucino adalah mencampurkan kopi dengan bahan lainnya seperti es, cokelat, oreo ataupun varian lain yang ditentukan lalu di-blend menjadi satu. Biasanya disajikan dengan menambahkan whipped cream di atasnya.

8. Kopi instan

Kalau yang ini tentu sering sekali dikonsumsi di Indonesia karena memang mudah sekali ditemukan. Cara memproduksi kopi instan adalahdengan mendidihkan biji kopi atau di-brew istilah lainnya, lalu dikeringkan kembali dengan metode freeze-drying atau spray-drying untuk selanjutnya dapat langsung diseduh dengan air panas kemudian diikmati. Kopi instan mudah disajikan karenamudah larut bila terkena air panas, tidak makan tempat dan lebih tahan lama danmemiliki rasa manis yang luar biasa terkadang menghilangkan rasa dari kopi itu sendiri.

9. Liqueur Coffee

Untuk penikmat alkohol dapat mencoba Liqueur coffee sebabkopi yang satu ini menyertakan minuman alkohol dalam penyajiannya yaitu dengan mencampurkan satu shot minuman beralkohol dengan kopi lalu disajikan menggunakan whipped cream. Varian Liqueur coffee juga beragam tergantung minuman beralkohol yang dicampurkan seperti Brandy Coffee (Brandy), Irish Coffee (Whiskey), dan Russian Coffee (Vodka).

10. Kopi Tubruk

Hai penikmat kopi di Indonesia! Jangan bilang kalau tidak pernah dengar Kopi tubruk. Minuman satu ini dari ujung timur hingga ujung barat Indonesia semua mengenalnya karena memiliki ciri khas yang mudah yaitu ampas kopi yang kasar. Cara penyajiannya adalah dengan mendidihkan biji kopi yang digiling kasar bersama gula. Walau begitu Jawa dan Bali adalah tempat paling populer untuk kopi tubruk.

11. Kopi luwak

Jenis kopi yang terakhir adalah kopi paling dibanggakan oleh Indonesia karena termasuk ke dalam jajaran kopi paling mahal di dunia. Kopiluwak merupakan jenis kopi Arabica yang dimakan oleh hewan luwak, pencernaan luwak yang tak mampu menghaluskan biji kopi sehingga kopi tetap berbiji utuhsaat menjadi kotoran, biji-biji kopi yang sudah menjadi kotoran itu dipilahlalu diolah menjadi kopi dengan harga fantastis mencapai USD100 per 450 gram. Cara menyajikan kopi luwak juga sangat sederhana yaitu dengan menyeduhkan air panas ke cangkir porselen lalu ditutup beberapa menit untuk memerangkap aroma kopi.

Gambar diambil dari medicalnewstoday.com


Share this Post:

Related Posts:

Gratis Voucher
BrewersCoffee Shop Start Up