Efek samping minum kopi berlebihan

Blog Single

Bagi Coffindo Lovers, menjadikan kopi sebagai kebutuhan adalah sah-sah saja. namun perlu disadari ada efek samping minum kopi secara berlebihan. Tentu saja ada! Segala sesuatu yang berlebihan memang selalu memberikan efek negatif begitu juga kopi.

Kopi memang selalu menjadi pilihan bagi mereka yang merasa membutuhkan penunjang konsentrasi demi menyelesaikan pekerjaan. Memang kopi mengandung kafein yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut hingga membuatnya disukai oleh banyak orang. Walau didominasi oleh kaum adam, kopi juga disukai oleh kaum hawa.

Banyak dari mereka selalu mengkonsumsi kopi di pagi atau malam hari. Tetapi, kadang entah karena kecanduan atau sangat sukanya, mereka mengkonsumsinya dalam jumlah berlebihan. Tak hanya kopi hitam saja yang mampu memberikan efek samping minum kopi tetapi segala jenis kopi lainnya seperti Affogato, Cappucino, Mochacino dan jenis kopi kombinasi lainnya.

Sebelum anda merasa kecanduan ada baiknya anda memperhatikan jumlah kopi yang anda konsumsi sebelum efek-efek negatif di bawah ini mengintai kesehatan anda. Apa saja itu?

1. Mengganggu kesehatan psikologis dan kecemasan

Tentu saja minum kopi secara berlebihan dapat mengganggu kesehatan psikologis anda. Kelebihan kopi di dalam tubuh memicu anda menjadi lebih sensitif dan mudah cemas. Mereka yang candu terhadap kopi akan sangat mudah tersinggung, hal ini diakibatkan oleh kondisi psikologis yang terganggu akibat senyawa kafein yang berlebihan. Untuk menghindari gangguan ini maka kendalikan jumlah kopi yang dikonsumsi. Batas wajar mengkonsumsi kopi adalah 2 cangkir per hari.

2. Merasakan Halusinasi dan delusi

Bila Coffindo Lovers pernah mendengar bahwa kopi dapat mengurangi resiko menderita Alzheimer maka itu benar, bila dikonsumsi dalam takaran yang wajar yaitu 2 cangkir per hari. Beda cerita bila Coffindo Lovers mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan sebab anda akan merasakan halusinasi dan delusi. Dua hal ini merupakan salah satu gejala umum dari penyakit skizofrenia, di mana penderita akan mendengar dan melihat sesuatu ayng sebenarnya tidak nyata. Hal ini terjadi bagi anda yang mengkonsumsi kopi sebanyak 5 cangkir per hari.

3. Mudah gugup dan sering gelisah

Kafein memang bermanfaat bagi olahragawan karena kafein dapat meningkatkan adrenalin. Namun mengkonsumsinya secara berlebihan malah akan membuat efek stimulan lebih menekan pusat otot juga hati mengakibatkan terganggunya aktivitas motorik. 50 mg kopi saja dapat membuat beberapa orang merasa jantungnya berdebar-debar ketika mengkonsumsi kopi apalagi bila anda mengkonsumsinya sebanyak 500 mg atau 5 cangkir perhari?
Tak hanya akan mudah gugup namun kebanyakan minum kopi juga dapat membuat anda kejang otot dan mudah sekali merasa gelisah. Tak hanya itu saja, seringnya meminum kopi membuat kemampuan mata anda juga menurun dan sering berkedut. Jadi bila anda mulai merasa mudah gugup, gampang cemas, mata mulai kabur juga sering berkedut sebaiknya hentikan kebiasaan minum kopi secara berlebihan.

4. Meningkatkan resiko Osteoporosis

Belum pernah dengar? Atau Coffindo Lovers tidak menyangkanya sama sekali? Memang benar, tidak banyak orang tahu terlalu banyak mengkonsumsi kopi itu bisa meningkatkan penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang belakang. Hal ini dapat diderita bila Coffindo Lovers mengkonsumsi kopi lebih dari 5 cangkir per hari. Kafein yang berlebih dapat mengurangi kepadatan tulang belakang. Jadi bagi anda wanita yang beresiko tinggi menderita osteoporosis ini harus lebih memperhatikan jumlah kopi yang anda konsumsi.

Dari keempat gangguan kesehatan yang disebutkan di atas itu karena efek samping minum kopi berlebihan. Maka tetaplah perhatikan jumlah kopi yang anda asup, jangan mentang-mentang Coffindo Lovers sedang dalam masa deadline lalu minum kopi gila-gilaan agar tetap merasa prima dan melek. Sayangilah kesehatan tubuh Coffindo Lovers dengan menjaga pola hidup sehat.

Sumber foto: Tribunnews.com


Share this Post:

Related Posts:

Gratis Voucher
BrewersCoffee Shop Start Up