Capuccino Minuman Nikmat Asal Negri Pizza

Blog Single

Capuccinoadalah minuman kopi yang berasal dari Italia. Capuccino sendiri berarti"little cap" yang diartikan sebagai cangkir kopi yang dipenuhi busasusu (foam) sedangkan bagian dasarnya dipenuhi oleh espresso dicampur susu.

Namacappucino atau "little cap" ini diduga terinspirasi dari sebuahkelompok biarawan asal Capuchin yang lebih dikenal dengan Biarawan Capuchin.Para biarawan ini memiliki kepala yang botak tercukur, kepala botak merekadinilai mirip dengan foam susu yang sempurna menutupi seluruh permukaan cangkirsedangkan pinggirannya dikelilingi lingkaran kopi berwarna coklat, yang merupakancappucino dalam bentuk original. Itulah yang melandasi nama  cappuccino yang kadang disebut juga  sebagai “kepala biarawan”.

Banyaknyaperkembangan variasi kopi saat ini nampaknya disambut bahagia oleh para penikmatkopi, tapi jangan sampai salah membedakan ya, seperti cappucino, latte dan flatwhite. Mereka nampak seperti sama tapi takaran komposisi, bentuk penyajian danrasa identiknya berbeda loh. Berikut penjelasannya.

Cappucinoidentik dengan froth susu yang di-garnish dengan bubuk coklat. Komposisinyaadalah 1/3 espresso, 1/3 nya lagi steamed milk dan 1/3 lainnya adalah milkfroth. Semua komposisinya bertakaran sama. Umumnya ketika kita meminum cappucinokita akan merasakan foam yang tegas ditegukan pertama, lalu diikuti kopi denganrasa milky yang kuat. Nikmat sekali.

Lattekini banyak digandrungi masyarakat karena seni yang ada di atas foamnya. Lattememang memiliki foam yang lebih lembut dibanding dengan cappucino. Hal ini disebabkankarena steaming susunya yang dibuat hingga derajat tertentu, sehinggamenghasilkan foam yang lembut. Komposisi Latte sendiri adalah double shotespresso, susu yang disteam hingga hampir secangkir penuh dan micro foam setebal1cm di atasnya.

FlatWhite berbeda dengan kedua minuman di atas tapi sering dikira sama. Flat whitebersifat subyektif, rasa dan penyajiannya tergantung dimana ia dibuat. Flat Whitememiliki komposisi textured milk dan espresso. Sebagian barista menambahkan susuyang lebih banyak. Flat white bisa disajikan dengan foam ataupun tidak, bisasesuai selera. Adapun foam yang ditambahkan harus benar-benar lembut namuntetap terasa. So jangan lupa dicoba ya.



Share this Post:

Related Posts:

Gratis Voucher
BrewersCoffee Shop Start Up