Berapa Banyak Kalori Dalam Secangkir Kopi?

Blog Single

Bila anda berkunjung ke kedai kopi maka adabanyak sekali menu kopi yang mereka sediakan untuk para pengunjung. Beberapamungkin adalah kopi murni namun kebanyakan menyediakan coffee blend atau kopimurni yang dicampur dengan berbagai macam bahan entah itu gula, cream, whippecream dan masih banyak lagi.

Mungkin anda adalah salah satu orang yang takbisa hidup tanpa kopi, anda merasa kopi selalu menjadi sebuah ritual di pagihari atau kopi adalah teman setiap anda ketika butuh konsentrasi. Berbagaimacam alasan orang-orang dalam mencintai kopi, namun tahukah anda yang sebagaipecinta kopi itu berapa banyak kalori yang dikandung dalam secangkirnya?

Perlu anda ingat sekali lagi, kopi yangmengandung banyak kalori akan memberikan efek buruk pada tubuh anda, dan kasuspaling umum yaitu menderita obesitas atau kelebihan berat badan. Untuk itu,beberapa menu kopi di bawah ini akan menjelaskan berapa banyak kalori dalamsecangkir kopinya.

KopiHitam

Jumlah Kalori: 0 kkal

Tentu saja kopi hitam tak mengandung kalori samasekali, ia bahkan membakar kalori yang ada di dalam tubuh secara tidaklangsung. Kok bisa? Sebab kopi yang secangkirnya mengandung 80 – 100 mg kafeinmampu membuat perut anda tahan terhadap rasa lapar sehingga membuat andakurang nafsu makan, jadinya lemak perlahan akan berkurang dari dalam tubuhanda. Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan maka kopi hitam pahitlahpilihannya.

Macchiato

Jumlah Kalori: ±90 kkal

Macchiato sebenarnya adalah espresso namunditambahi dengan setitik susu full cream. Setitiknya tidak tanggung-tanggung,sampai sekitar 4 gram susu. Dalam secangkir Macchiato terkandung 80 gramkafein, dan 3 gram protein. Bisa dibilang susu dalam Macchiato hanya sedikitjadi mengkonsumsinya secangkir saja per hari tidak terlalu mempengaruhi beratbadan anda. Atau bila ingin menjadikan Macchiato sebagai semangat dalammenjalani aktivitas bisa menambahkan lagi kafein ke dalamnya.

Cappuccino

Jumlah Kalori: ±95 kkal bila menggunakan sususkim, atau ±150 kkal bila menggunakan susu full cream

Seperti Macchiato, Cappucino juga adalahespresso dengan tambahan susu, biasanya menggunakan susu full cream dan jarangsekali menggunakan susu skim. Cappucino menjadi minuman yang tidak dianjurkanbagi anda yang sedang menjalani program menurunkan berat badan namun susu yangterkandung dari Cappucino adalah sumber kalsium dan protein yang baik bagitulang. Pilihan terbaiknya adalah buatlah cappucino menggunakan susu non fatatau susu skim agar kalori yang anda konsumsi jadi lebih sedikit.

CaffeLatte

Kalori: ±225 kkal bila menggunakan susu fullcream atau ±135 kkal bila menggunakan susu skim

Beda Macchiato dan Cappucino beda pula Cafélatte. Walau ketiga minuman ini menggunakan bahan yang sama namun perbandingan antaraespresso dan susu berbeda-beda. Untuk latte sendiri menggunakan lebih banyaksusu dibanding Cappucino yang susunya lebih banyak dari Macchiato.

Secangkir Café latte mengandung kurang lebih 10gram protein dan 5 gram lemak (setara dengan sebungkus butter). Café lattedengan susu full cream adalah minuman sumber potein dan kalsium namun kaya akanlemak, jadi bila anda ingin mengurangi berat badan gantilah dengan susu skimdengan jumlah protein dan kalsium yang sama namun tidak mengandung lemak.

Mocha

Kalori: ±310 (susu full cream) atau ±230 (sususkim)

Minuman terakhir adalah minuman yang dilaranguntuk diminum bagi mereka yang sedang menurunkan berat badan. Seperti ketigaminuman sebelumnya, Mocha juga dari espresso yang ditambahkan dengan susu namunada bahan lain yang juga ditambahkan yaitu sirup coklat, dan whipped cream. Dengancampuran tersebut anda sudah dapat membayangkan berapa banyak kalori yangdikandung dalam secangkirnya bukan?

Lemak dalam secangkir Mocha adalah 10 gram,namun mengandung 80 gram kafein. Bagaimanapun, minuman dan makanan saat andasedang menjalani program menurunkan berat badan haruslah menjadi perhatiankhusus. Pintar-pintarlah dalam membatasi jumlah kalori yang masuk ke dalamtubuh.

Yuk ngopi tanpa takut jadi gemuk!

sumber foto: bicycling.com


Share this Post:

Related Posts:

Gratis Voucher
BrewersCoffee Shop Start Up