Benarkah salah satu manfaat kopi adalah untuk diet ?

Blog Single

Kopi memang bisa diandalkan ketika sedang harus fokus mengerjakan deadline, juga bisa diandalkan sebagai minuman kala kita membutuhkan tenaga dan juga bisa diandalkan dalam hal menurunkan berat badan. Oh tentu saja kopi bisa bermanfaat sebagai menu diet.

Hal ini diungkapkan melalui penelitian yang dilakukan oleh Katherine Zeratsky, RD, LD (ahli nutrisi dari Mayo Clinic) bahwa kafein dalam kopi dapat sedikit membantu menurunkan berat badan peminumnya. Itulah mengapa kopi dipercaya sebagai salah satu menu diet.

Mengapa bisa menurunkan berat badan?

Kopi mengandung zat yang dominan yaitu kafein, kafein inilah yang bertanggung jawab dalam segala hal yang ditimbulkan setelah minum kopi seperti susah tidur, energi bertambah, hingga turunnya berat badan. Hal ini disebabkan karena kafein meningkatkan metabolisme tubuh sehingga kerja sistem tubuh menjadi lebih cepat.

Jadi, jika ingin kalori terbakar maka ketika sedang melakukan kegiatan membakar kalori seperti olahraga, meminum kopi sebelumnya adalah hal yang disarankan agar stimulasi tubuh melakukan pembakaran lebih banyak.

Menjadi menu untuk Diet

Kopi rasanya pahit, tapi yang rasanya pahit inilah yang baik dijadikan menu untuk diet. Artinya kopi pahit tanpa campuran pemanis seperti gula atau susu inilah yang dapat membantu menurunkan berat badan peminumnya sebab kopi pahit tanpa pemanis adalah kopi yang memiliki kalori rendah sehingga mencegah mengonsumsi kalori lebih banyak lagi. Bila anda mengonsumsi kopi tapi masih menggunakan gula maka hal ini dinyatakan sebagai kopi yang gagal menajdi menu diet.

Membuat perut kenyang

Selain dapat meningkatkan metabolisme tubuh, kopi juga mempengaruhi nafsu makan. Hal ini dipengaruhi melalui rasa pahit yang membekas di lidah. Secara psikologis, nafsu makan akan berkurang karena penyebaran rasa pahit pada seluruh indera perasa. Oleh sebab itu banyak peminum kopi merasa kenyang setelah meminum kopinya di pagi hari lalu melewatkan sarapannya.

Menjaga kesehatan tubuh

Banyak orang yang ingin menurunkan berat badan dengan cara mengurangi makan makanan berkalori tinggi dan memilih menggantinya dengan minum air lebih banyak. Nah, bukan berarti tidak makan sama sekali hanya saja ketika mengganti segala camilan dengan minum air sebaiknya masukan juga kopi ke dalamnya. Karena selain dapat mengurangi nafsu makan kopi juga dapat membantu mempertahankan kesehatan tubuh karena mengandung asam chlorogenik dan antioksidan yang baik untuk tubuh.

Memperbaiki Mood

Mengasup lemak dapat membuat tenang dan bahagia, seseorang yang mulai mengurangi asupan lemak yaitu orang-orang yang sedang menjalankan program diet maka akan sangat mudah mengalami stres dan akhirnya kehilangan mood sehingga malah gagal menjalankan program diet tersebut. Dengan meminum secangkir kopi maka mood anda akan segera diperbaiki sebab kopi mampu memunculkan dopamine dan serotonin yang mengirimkan sinyal bahagia pada otak anda.

Melangsingkan perut

Kalau ingin mendapatkan manfaat satu ini anda tidak perlu meminumnya. Kopi diseduh dengan air panas namun air janga berlebihan, buatlah kental seperti layaknya ampas kopi yang tersisa di dasar cangkir yang telah kita minum. Lalu gunakan seperti masker yang dioleskan ke permukaan perut lalu tunggu sekitar 30 menit dan kemudian dibilas. Walau belum teruji secara klinis namun cara ini layak dicoba. Beberapa orang mencoba cara ini dan mengaku berhasil.

Pengganti nasi sementara

Kopi mengandung kafein yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh dengan membakar lemak yang tersimpan di bawah kulit. Lemak-lemak ini adalah energi yang tersimpan dan tidak sepenuhnya digunakan jadi ketika megnonsumsi kopi sesaat sebelum melakukan olahraga lemak akan terbakar dan inilah yang yang dinakaman sebagai manfaat dari nasi sementara yang digantikan oleh kopi.

Harus diimbangi air putih

Manfaat kopi memang banyak hanya saja mengonsumsinya tanpa jeda dengan makanan lain bahkan air akan membuat tubuh anda dehidrasi karena kopi mampu membuat anda dehidrasi. Imbangilah dengan meminum segelas air putih usai meminum secangkir kopi.


Share this Post:

Related Posts:

Gratis Voucher
BrewersCoffee Shop Start Up